PEMERINTAH PROVINSI LAMPUNG
DINAS
BINA MARGA DAN BINA KONSTRUKSI
Bangun 14 Ruas Jalan, Pemerintah Provinsi Lampung Ajukan Pinjaman Rp569 Miliar ke SMI
15 November 2021
Dilihat 209 kali
pembangunanjalan, lampungberjaya, dinasbmbklampung
Image Bangun 14 Ruas Jalan, Pemerintah Provinsi Lampung Ajukan Pinjaman Rp569 Miliar ke SMI
Image Bangun 14 Ruas Jalan, Pemerintah Provinsi Lampung Ajukan Pinjaman Rp569 Miliar ke SMI

BMBK Lampung, BANDAR LAMPUNG--Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengajukan pinjaman Rp569 miliar untuk pembangunan 14 ruas jalan yang sudah masuk kategori prioritas kepada ke PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI).  

Menurut Gubernur, pinjaman dana ke badan usaha milik negara itu diperlukan untuk mempercepat perbaikan jalan sebagaimana tercantum dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). 

Perbaikan jalan itu, menurut Gubernur, juga sebagai implementasi misinya yakni mengembangkan infrastruktur guna meningkatkan efisiensi produksi dan konektivitas wilayah. Gubernur Arinal mempersilahkan media sebagai sosial kontrol mengikuti perkembangannya agar pembangunan tidak asal jadi.  

"Apalagi ini dana pinjaman. Saya ingin diselesaikan pembangunan 14 ruas jalan itu bisa diselesaikan dalam satu tahun, ” kata Arinal Djunaidi kepada media usai meminta persetujuan DPRD Lampung pada rapat paripurna di Gedung DPRD Bandar Lampung, Rabu (10/11/2021). 

Terkait pengajuan pinjaman ini, Kepala Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi (BMBK) Provinsi Lampung, Febrizal Levi Sukmana, mengatakan dana itu untuk pembangunan 14 ruas jalan yang diprioritaskan.  

Dia mengatakan untuk membangun semua ruas jalan yang menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi Lampung, diperlukan dana Rp4 triliun. "Mengingat keterbatasan anggaran, pembangunan jalan provinsi dipilih dulu yang benar-benar  prioritas utama," kata Levi. 

Dia mengatakan dalam program infrastruktur Lampung Berjaya, pembangunan 14 ruas jalan dapat mendongkrak perekonomian. Menurut Levi, akses 14 jalan tersebut menuju ke berbagai sentra produksi pertanian, jalan distribusi, perkebunan, dan peternakan yang mampu meningkatkan pertumbuhan perekonomian. 

"Infrastruktur Lampung Berjaya yang diusung Gubernur Lampung adalah memperbaiki konektivitas antar kabupaten dan kota. Kemudian, infrastruktur pertanian, pelabuhan, dan telekomunikasi," kata Levi. (*)