PEMERINTAH PROVINSI LAMPUNG
DINAS
BINA MARGA DAN BINA KONSTRUKSI
Jalan Simpang Pugung-Jabung Mulus, Gubernur Lampung Minta Laporkan Kendaraan Lewati Kapasitas
02 December 2021
Dilihat 124 kali
pembangunanjalan, lampungberjaya, dinasbmbklampung
Image Jalan Simpang Pugung-Jabung Mulus, Gubernur Lampung Minta Laporkan Kendaraan Lewati Kapasitas
Image Jalan Simpang Pugung-Jabung Mulus, Gubernur Lampung Minta Laporkan Kendaraan Lewati Kapasitas

BMBK Lampung, MARGA SEKAMPUNG-–Pemerintah Provinsi Lampung melalui Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi (BMBK) menyelesaikan pembangunan ruas jalan poros Simpang Pugung Raharjo Kecamatan Sekampung Udik menuju Kecamatan Jabung sepanjang 10,3 km. Pembanggunan jalan ini berasal dari APBD Provinsi Lampung dan sebagai wujud misi Gubernur Arinal dalam memperlancar konektivitas antar wilayah. 

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi didampingi Bupati dan Wakil Bupati Lampung Timur Dawam Rahardjo, Azwar Hadi, meresmikan jalan tersebut di Desa Bungkuk Kecamatan Marga Sekampung, Sabtu (27/11/2021) sore. Pada kesempatan itu, Arinal berharap pembangunan jalan dapat menumbuhkan ekonomi masyarakat sekitar, sekaligus bisa meningkatkan keamanan di wilayah tersebut. 

"Agar jalan ini tetap awet, kendaraan yang melewati jalan itu tak melebihi muatannya yakni 10 ton sesuai dengan kapasitas jalan. Jadi, saya minta masyarakat dan media laporkan ke saya jika ada kendaraan yang lewat jalan ini yang melebihi batas kapasitas jalan,” kata Arinal Djunaidi usai peresmian. 

Gubernur juga meminta kepada Bupati Lampung Timur, agar menyurati dua perusahaan di Jabung yang rutin melewati jalan itu, agar tak sembarangan dalam membawa muatan yang melebihi kapasitas jalan. “Saya minta Bupati surati para perusahaan agar aktifitas kendaraanya jangan melebihi kapasitas jalan, bilang dari saya,” ujar Arinal. 

Sebelum meninjau lokasi ruas jalan Pugung Raharjo–Jabung, Bupati mengajak Gubernur dan rombongan transit di Taman Wisata Randu Mas Pugung Raharjo, Kecamatan Sekampung Udik. Bupati dan Wakil Bupati mendampingi Gubernur Lampung Arinal Djunaidi untuk meresmikan Obyek Wisata Randu Mas. Peresmian ditandai pemotongan pita dan penandatangan Taman Wisata Seni dan Budaya Randu Mas oleh Gubernur Lampung dan dilanjutkan penandatanganan Batu Lavarock oleh Bupati Lampung Timur.  

Usai acara peresmian, rombongan Gubernur Arinal Djunaidi menuju Lapangan SMP Negeri 1 Marga Sekampung, Desa Bungkuk Kecamatan Marga Sekampung untuk meresmikan penggunaan ruas jalan Simpang Pugung–Jabung yang baru selesai pembangunannya. Dalam sambutannya Gubernur menghimbau kepada seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Lampung Timur untuk bekerja maksimal dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat.  

Bantuan Pemerintah Provinsi Lampung  untuk merangsang serta memberikan semangat motivasi semua agar  bekerja secara maksimal. "Khusus di Kabupaten Lampung Timur tidak ada alasan lagi untuk tidak bangkit karena sumber daya alamnya sangat luar biasa,” jelas Gubernur.  

Pembangunan jalan tersebut menjadi harapan warga sekitar, karena jalan tersebut menghubungkan empat kecamatan yang melalui tujuh desa desa di Lampung Timur. Menurut Kepala Desa Bungkuk, Muhammad Ali, jalan Pugung–Jabung ini terakhir dibangun di era Presiden Soeharto dan baru sekarang dibangun lagi.  

Sebelumnya, jalan di kawasan ini rusak berat dan hanya mendapat perbaikan tambal sulam. Menurut Muhammad Ali, butuh waktu 1,5 jam untuk melewati jalan itu dari Pugung Raharjo. Kini warga hanya butuh waktu 20 menit saja dari Jabung ke perempatan Pugung. "Kami menyampaikan terima kasih, karena puluhan tahun jalan itu dibiarkan rusak,” ujar Muhamad Ali. (*)