Post

BANDAR LAMPUNG (BMBK): Program perbaikan ruas Jalan Ryacudu, Sukarame, Bandar Lampung, yang dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung mendapatkan apresiasi dari warga dan pengamat transportasi. Perbaikan ini dinilai mampu memperlancar akses menuju Jalan Tol Trans Sumatera melalui Gerbang Tol Kota Baru.

"Jalan Ryacudu ini kan sebenarnya yang diharapkan juga bukan hanya sampai ke Simpang Polsek Sukarame, tetapi ini juga sampai ke kota baru. Tentu kita berharap juga ada perbaikan geometrinya," kata pengamat transportasi dari Universitas Bandar Lampung, Ida Bagus Ilham Malik, Sabtu (10/10/2020)

Dia menekankan, perbaikan ini harus berkualitas lebih baik dan bermutu tinggi agar bisa digunakan oleh kendaraan kendaraan barang sesuai muatan sumbu terberat (MST). "Itulah sebabnya saya sangat menghimbau agar mutu ini menjadi perhatian yang yang perlu diseriusi oleh kontraktor dan Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Provinsi Lampung," kata Ilham Malik.

Menurut Ilham yang juga Ketua Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Provinsi Lampung itu, mutu ini menjadi persoalan serius selama ini sebab berimplikasi pada biaya perawatannya yang besar. Dia berharap agar sistem drainase sepanjang Jalan Ryacudu yang rencananya akan diperbaiki lebih baik.

"Sebab perbaikan sistem drainase yang buruk, nanti akhirnya akan bisa menimbulkan kerugian pada masyarakat yang ada di sekitar di Jalan Ryacudu ini. Karena, semenjak di perbaiki oleh Pemda provinsi ketinggian elevasi dari Jalan Ryacudu nya menjadi tinggi yang sangat tinggi dan akhirnya di beberapa segmen itu lebih tinggi daripada halaman masyarakat," tambahnya.

Sementara itu, Johan salah satu pengendara warga Jati Mulyo, Kabupaten Lampung Selatan sangat mengapresiasi perbaikan di ruas Jalan Ryacudu. "Sekarang sudah lebih baik. Apalagi jalan dilakukan rigid beton yang Insya Allah akan awet," kata Johan.

Dia menambahkan, "Sebelum diperbaiki. Saya kalau melintas disini butuh hati-hati. Sebab banyak jalan berlobang dan jika hujan lobang tergenang air, " kata dia saat ditemui dilokasi ruas jalan Rycudu

Hal senada disampaikan Yeni Puspita Sari yang merupakan warga setempat mengapresiasi perbaikan ruas Jalan Rycudu. "Alhamdulillah jalan sudah diperbaiki. Semoga saja tidak rusak lagi. Soalnya mas dulu kalau jalan disini rusak lubang dimana-mana dan berdebu saat pengendara motor atau mobil melintas. Syukurlah sekarang nggak lagi," pungkasnya. (***)