PEMERINTAH PROVINSI LAMPUNG
DINAS
BINA MARGA DAN BINA KONSTRUKSI
Dinas BMBK Lampung Pasang Jembatan Darurat Bailey Atasi Putusnya Jalur Kota Gajah-Gunungsugih
15 December 2021
Dilihat 443 kali
pembangunanjalan, lampungberjaya, dinasbmbklampung
Image Dinas BMBK Lampung Pasang Jembatan Darurat Bailey Atasi Putusnya Jalur Kota Gajah-Gunungsugih

BMBK Lampung, GUNUNGSUGIH--Kepala Dinas Bina Marga Bina Konstruksi (BMBK) Provinsi Lampung, Febrizal Levi Sukmana, mengatakan segera memasang jembatan sementara sebagai jembatan darurat di Sungai Way Bilew penghubung Kecamatan Gunungsugih dan Kota Gajar di Kampung Buyut Ilir. Hujan deras selama tujuh jam mengakibatkan jembatan ini putus, pada Kamis (9/12/2021) malam.

"Untuk sementara dipasang jembatan daruat agar bisa dilewati oleh kendaraan kecil yang akan membantu mobilitas warga sekitar. Sedangkan untuk kendaraan besar belum bisa melewati," kata Febrizal Levi Sukmana, Sabtu (11/12/2021).

Menurut Levi, Jembatan Way Bilew tersebut dibangun pada 1979 dan beberap kali direhab karena rubuh diterjang banjir Sungai Way Seputih. "Jembatan darurat bailey sedamg kami usahakan dari Balai Pengelolaan Jalan Nasional (BPJN) Palembang untuk persiapan, pengiriman, dan pemasangan," kata Levi.

Dia menambahkan, saat ini jembatan bailey milik BPJN Lampung dan Provinsi Lampung, kondisinya tidak lengkap serta kurang memadai. "Maka, kita pinjam dari BPJN Palembang atau dari Jakarta. Diperkirakan jembatan bailey itu datang dari Palembang sekitar dua minggu, karena sedang perbaikan," kata Levi.

Jika jembatan bailey itu tiba, kata Levi, pemasangan memakan waktu sekitar tujuh hari. Untuk itu, Levi berharap masyarakat dapat bersabar, karena perbaikan jembatan itu memakan waktu yang cukup lama dan harus dianggarkan di APBD.

"Jadi, kami mohon masyarakat maklum karena tidak mudah untuk menyiapkan, mengangkut, dan memasang jembatan bailey tersebut. Pembangunan kembali jembatan ini paralel dilakukan perencanaan teknis dan penganggaran untuk segera dibangun kembali pada tahun 2022," kata Levi.

Selain itu, pihaknya juga berharap agar Balai Besar Wilayah Sungai Mesuji Sekampung (BBWS) juga melakukan normalisasi dan pengerukan tebing Sungai Way Seputih. Sehingga, ketika jembatan dibangun kembali arus sungai kembali normal.

Sebelum memasang jembatan bailey ini, Dinas BMBK Provinsi Lampung bersamaa Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad didampingi Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Lampung Ismet Roni dan Camat Gunungsugih Candra Sukma berkunjung ke lokasi pada Jumat (10/12/2021). Di lokasi itu, Bupati memerintahkan dinas terkait untuk melakukan bantuan kepada korban banjir dan juga melakukan percepatan penanganan putusnya jembatan sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Pada kesempatan itu Bupati juga memberikan bantuan sembako kepada masyarakat yang terdampak banjir. “Saya juga sudah berkoordinasi dengan pihak terkait dan Provinsi mengenai percepatan pembangunan jembatan di Kampung Buyut Ilir ini. Untuk sementara ini akses jalan akan dialihkan menuju jalan alternatif sambil menunggu pembangunan kembali,” kata Musa Ahmad. (*)